Foto Pilihan Minggu Ini

Warga yang Berulang Tahun Bulan ini

(1)Ibu CRISTINE (2) SAMUDRA (3) NATALISA (4) Bpk JOHNSON

Rabu, 01 Juni 2011

Waktu-waktu Optimal Hingga Tengah Hari

ADA waktu yang optimal untuk melakukan segala sesuatu, mulai dari sarapan pagi, mengonsumsi vitamin hingga melakukan hubungan seks untuk memperbesar kemungkinan hamil. Untuk memanfaatkan jam internal tubuh dalam meningkatkan kesehatan, berikut paparan dari pakar yang bisa menjadi panduan Anda.

6.00 : bercinta
Orang cenderung bercinta di malam hari. Tapi jika menghendaki pembuahan, ada baiknya dilakukan lebih awal.

"Dari sisi hormonal, ini merupakan waktu optimum. Hormon yang meningkatkan dorongan seksual Anda, estrogen dan testosteron, sedang berada pada level tertinggi," papar Dr Pam Spurr, penulis Fabulous Foreplay - The Sex Doctor's Guide To Teasing And Pleasing Your Lover."Perempuan juga paling subur pada jam ini," tambah Spurr, seperti dikutip situs dailymail.co.uk.

7.00: sarapan pagi
Setelah sembilan jam tidak makan, tubuh berada dalam kondisi kelaparan. Pada saat ini, tubuh sudah menggunakan semua lemak tubuh yang mudah dijangkau dan mulai membakar jaringan rendah lemak dan otot-otot. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak bertenaga. Jadi, ada baiknya makan satu jam setelah bangun.

7.15 : konsumsi multivitamin
Nutrisi-nutrisi tertentu, termasuk vitamin B, bisa bertindak sebagai stimulan. Jadi, ada baiknya dikonsumsi di pagi hari. Tapi, hindari mengonsumsi vitamin saat perut dalam keadaan kosong. Vitamin akan dikeluarkan bersama air seni dan Anda akan cenderung merasa mual. Jadi, akan lebih ideal untuk menikmati sarapan terlebih dahulu.

7.30 : gosok gigi
Sediakan selang waktu 30 menit antara sarapan dan menggosok gigi."Lapisan email gigi berisiko mengalami erosi setelah mengonsumsi makanan dan minuman. Hal in karena kandungan asam makanan atau minuman melembutkan gigi," terang Profesor Damien Walmsley dari the British Dental Association.

8.30 : mandi cahaya matahari
Kesibukan mungkin seringkali membuat Anda meninggalkan rumah saat masih gelap di pagi hari dan menghabiskan seluruh waktu di bawah penerangan cahaya buatan di kantor. Akibatnya, Anda kurang paparan sinar matahari yang sangat penting bagi kesehatan.

"Paparan sinar alami membantu mengatur ulang ritme circadian alami tubuh. Siklus 24 jam tubuh ini berfungsi mengatur tidur dan memberi sinyal agar tubuh mengurangi produksi melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk," terang Murray.

10.00 : selesaikan masalah-masalah sulit
Menurut peneliti dari Sleep-Wake Disorders Centre di New York, pada jam ini tingkat konsentrasi pikiran, ingatan jangka pendek dan kemampuan membuat alasan-alasan logis berada pada level paling tajam. Efek sarapan telah bekerja, mengisi glukosa dalam sistem Anda termasuk otak. Ini merupakan waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah-masalah sulit yang ada dalam daftar kerja Anda.

11.00 : ke kamar kecil
Pada jam ini, ginjal bekerja paling keras dan kemungkinan Anda perlu lebih sering buang air seni."Ini dipengaruhi oleh apa yang Anda minum. Dan karena banyak orang cenderung minum air atau kopi begitu bangun, Anda akan merasakan efeknya dalam tiga atau empat jam setelahnya," terang direktur Bupa International Dr Sneh Khemka. Dan jika ditahan terlalu lama, terang Khemka, bisa memicu infeksi saluan kencing atau bahkan batu ginjal.

13.00 : makan siang
Pada jam ini, sistem pencernaan Anda bekerja paling efektif. Pakar nutrisi Ursula Arens menganjurkan makan siang ringan dengan kadar protein dan karbohidrat yang seimbang."Sandwich dari roti wholemeal dan tuna dengan salad serta potongan buah adalah pilihan yang ideal," terang Arens. (IK/OL-08)

Sumber : mediaindonesia.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN:
* Mohon hindari komentar yang bersifat provokasi, kasar, caci maki dan menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan).
* Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengirim.
* Admin/Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...